Mantap! Muhammadiyah Punya Universitas di Malaysia

Mantap! Muhammadiyah Punya Universitas di Malaysia

JAKARTA - Pemerintah Malaysia melalui Kementerian Pendidikan Tinggi telah menerbitkan izin untuk Universitas Muhammadiyah. Yang menggunakan nama Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM), pada 5 Agustus 2021.

Muhammadiyah menugaskan tim yang bernama Konsorsium Universitas Muhammadiyah Malaysia (UcMM Konsorsium), bekerja sama dengan pihak di Malaysia untuk mempersiapkan izin universitas sejak awal tahun 2017.

Pendirian UMAM merupakan tonggak baru bagi universitas Indonesia pertama di luar negeri untuk memperluas gerakan mencerdaskan masyarakat dan mengembangkan pendidikan tinggi yang dimulai dari kawasan ASEAN.

Ia juga memiliki fungsi strategis untuk mencapai pembangunan dan persatuan serta menciptakan peradaban yang mencerahkan di bawah ideologi Islam Berkemajuan (Islam Progresif) dan rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi seluruh dunia).

Pada tanggal 11 Agustus 2021 atau 2 Muharram 1443 H, Pengurus Pusat Muhammadiyah menerima surat resmi izin UMAM yang menyatakan bahwa universitas yang diusulkan oleh Konsorsium UcMM, yaitu Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM), disahkan menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Swasta (IPTS).

Universitas ini, menawarkan 15 program yang terdiri dari 5 program doktor, 5 program magister, dan 5 program sarjana.

Surat tersebut bernomor JPT/BPP(U)1000-801/172 jld(6) tertanggal 5 Agustus 2021. Selanjutnya, Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) akan mempersiapkan pendirian dan pendaftaran di kementerian, dan beberapa program yang telah disepakati.

UMAM menyambut semua orang dari berbagai negara untuk menciptakan pendidikan inklusif di tingkat global. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: